Rabu, 11 November 2015

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SMP Negeri 12 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia



ki-ka; Brahmana - Lisa - Fathia - Karin - PIC - Nadia - Nisa - Aliya - Christo

Kelas: LB23

Nama Dosen: Alfensius Alwino

Kode Dosen: D5690

Hari/tanggal: Senin, 19 Oktober 2015

Waktu: Berangkat dari tempat asal pukul 11.00 WIB             

Sampai di SMP Negeri 12 pukul 11.30 WIB           

Monitoring Kartu Jakarta Pintar 11.30 – 12.00

Validasi dan Verifikasi data 8355 dan data sekolah 12.00 – 12.30

Pulang ke tempat asal 12.30


Tim yang hadir: Semua hadir
Ketua: Aliya Irsan Siregar
Anggota:
  1. Brahmana Adicahya
  2. Lisa Vianita
  3. Fathia Alisha
  4. Fransiskarin Tobing
  5. Nadia Gristira
  6. Nisa Noviyana
  7. Christoporus Hari


SMP Negeri 12 Jakarta

Persiapan yang kami lakukan dimulai dari jam 10 pagi. Kami berkumpul di Kampus Anggrek Bina Nusantara. Kami melipir ke sebuah mini market, yaitu alfa**midi. Kami membeli makanan ringan dan susu untuk dibagikan kepada anak – anak yang akan diwawancara. Setelah itu, kami langsung melaju ke SMP Negeri 12 Jakarta yang berlokasi di Wijaya, Jakarta Selatan. Setelah kami sampai, anak – anak yang akan kami wawancara ternyata masih dalam kegiatan belajar mengajar sehingga kami harus menunggu sebentar. Kemudian, kami ke kantin untuk menyicipi makanan yang tersedia. Setelah kami makan, anak – anak yang sudah dipersiapkan untuk wawancara sudah berkumpul di sebuah ruangan tempat kami melakukan tugas wawancara.

Anak – anak yang akan diwawancara diberi pengarahan oleh PIC SMP Negeri 12 Jakarta. Setelah itu, kami pun mengkoordinasi dan membagi tiap anak yang akan diwawancara yaitu tiap 1 orang mewawancara 6 siswa/i peserta KJP. Anak – anak yang menunggu giliran kami berikan snack dan susu untuk dinikmati. Kegiatan wawancara tersebut berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan berjalan dengan lancar.Metode yang diajarkan adalah metode wawancara/interview dimana kami semua mewawanacara peserta KJP yang masih duduk di bangku SMP. Hal positif yang kami dapatkan adalah semua peserta menerima dan menanggapi dengan baik atas pertanyaan-pertanyaan yang kami berikan. Namun ada beberapa siswa/I yang tidak tau apa-apa tentang program yang kami tanyakan. Pelajaran yang kami dapat adalah kami harus menilai bagaimana mereka menjawab dan bagaimana merka menanggapinya.Pihak sekolah turut senang dengan adanya penelitian dan penugasan ini. Dengan adanya bantuan dari binus, pihak sekolah bisa lebih sering berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswi binus.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar