Jumat, 04 Desember 2015

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SD Negeri Tambora 01 Pagi Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia



Kelas: LB23
Nama Dosen: Alfensius Alwino
Kode Dosen: D5690
Suasana di SDN Tambora 01 Pagi
Hari/tanggal: Selasa, 27 Oktober 2015
Waktu: Berangkat dari tempat asal pukul 08.00 WIB
Sampai di SDN Tambora 01 Pagi pukul 09.00 WIB
Monitoring Kartu Jakarta Pintar 09.00 - 10.00
Validasi dan Verifikasi data 8355 dan data sekolah 10.00 - 11.00
Pulang ke tempat asal 11.00
Tim yang hadir: Semua hadir
Ketua: Aliya Irsan Siregar
Anggota:

  1. Brahmana Adicahya
  2. Lisa Vianita
  3. Fathia Alisha
  4. Fransiskarin Tobing
  5. Nadia Gristira
  6. Nisa Noviyana
  7. Christoporus Hari

ki-ka; Nisa - Aliya - Nadia - Brahmana - PIC - Christoporus - Fransiskarin - Lisa - Fathia
Pada hari selasa, kami bergegas pergi menuju SDN Tambora 01 Pagi  yang terletak di wilayah Tambora, Jakarta Barat. Sebelum pergi kami mengunjungi toko swalayan untuk membelikan beberapa snack untuk adik-adik yang akan kami wawancarai mengenai KJP (Kartu Jakarta Pintar). Dalam perjalanan kami membahas beberapa pertanyaan yang ada dalam kuesioner yang diberikan oleh pihak Teach For Indonesia (TFI) dari Binus University, kami saling bertukar ide bagaimana caranya kami bertanya tanpa menyinggung perasaan adik-adik narasumber. Dalam hal itu kami belajar bagaimana caranya berkomunikasi menyampaikan sesuatu dengan baik tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Sesampai di SD, kami menemui pihak sekolah yang sebelumnya telah kami hubungi saat melakukan survey sepekan sebelum kunjungan untuk wawancara, yang bernama Bu Juriah. Kami diantar ke ruang perpustakaan untuk menunggu anak-anak yang saat itu masih dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), selama menunggu kami menyiapkan barang-barang apa saja yang akan dibutuhkan selama proses wawancara.

Bel istirahat pun berdering menandakan anak-anak telah memasuki jam istirahat, kami diberitahukan oleh pihak sekolah bahwa kegiatan wawancara akan dilakukan setelah jam istirahat usai di ruang Aula yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Sembari menunggu kami merapihkan ruangan dengan menata meja dan bangku-bangku yang akan digunakan, kami saling bekerjasama untuk merapihkan ruangan sebelum anak-anak peserta KJP datang.

Setelah 15 menit bel pun kembali berdering menandakan waktunya anak-anak untuk kembali mengikuti KBM, dan waktunya bagi anak-anak peserta KJP memasuki ruangan Aula untuk mengikuti wawancara dari kami. Sebanyak 40 anak didampingi oleh seorang guru mulai memasuki ruangan, mereka nampak malu-malu menemui kami dan sangat terlihat manis. Tidak lamaanak-anak pun lekas duduk dengan rapih, dan kami mulai memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuan kami berada disana.
Lalu setelah merasa semuanya siap kami mulai memanggil anak-anak peserta KJP satu persatu untuk diwawancarai, masing-masing dari kami melakukan wawancara sebanyak 4-5 siswa. Wawancara berjalan dengan lancar, hanya saja ada beberapa siswa yang masih kurang paham mengenai KJP dan kegunaannya untuk apa saja. Setelah selesai diwawancarai kami memberikan snack kepada siswa sebagai tanda terimakasih dari kami.
Siswa demi siswa telah selesai kami wawancarai, dan kini saatnya kami melakukan wawancara dengan pihak sekolah melalui perwakilan satu orang guru, dalam wawancara tsb ketua menanyakan tentang KJP dan berapa karyawan dan juga sebagainya.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar